Home » , , » Malu Dan Memalukan

Malu Dan Memalukan

“Malu adalah bagian dari iman seseorang” (HR. al-Hakim dan Baihaqi).

Sebagaimana lazimnya, sebuah jejak rekam perilaku yang baik dan mulia tidak akan mungkin kemudian menimbulkan rasa malu pada diri seseorang meskipun diketahui orang lain yang bahkan perilaku yang baik dan mulia tersebut akan kemudian disenangi setiap orang pada umumnya (normal), apalagi kemudian perbuatan tersebut dilakukan oleh orang yang beriman. 

Hal Ini berbeda dengan jejak rekam dari akhlak yang jelek atau buruk dari seseorang yang tentunya akan sangat memalukan rasanya, baik terhadap diri pelaku itu sendiri maupun orang lain.  Itulah dosa, memalukan rasanya. Sebagaimana disebutkan Rasulullah, “...dosa adalah sesuatu yang menimbulkan kegalauan pada jiwamu, dan engkau tidak senang perbuatan itu diketahui orang lain” (HR. Muslim).

Bayangkan kalau setiap hari rekaman dari perbuatan dosa yang kita lakukan diperlihatkan oleh malaikat.  Lebih memalukan lagi bila yang diperlihatkan itu adalah dosa yang sengaja dilakukan oleh penegak hukum atau orang-orang yang mengajak kepada kebaikan dan melarang melakukan perbuatan-perbuatan berdosa. Bukan tak mungkin setiap diri kita melakukan perbuatan dosa setiap hari, apalagi bila sudah hilang rasa malu. Rasa malu ibarat pagar. Atau malu bisa menjadi pencegah.  Rasulullah menyebut malu sebagian bagian dari iman (HR. Bukhari dan Muslim). Sehingga bila hilang rasa malu, kita berpeluang melakukan apa saja dan akan terlihat menjadi sesuatu hal yang biasa.

Karena malu bersemayam di hati maka semakin terkotori hati oleh perbuatan yang memalukan semakin besar peluang memudarnya rasa malu bila berbuat jahat. Sehingga tak mengherankan bila tidak muncul rasa malu lagi dari hati orang-orang yang gemar melakukan dosa. 
 
Untuk menghindari hal yang demikian dan menjaga agar hati tetap bersih jalan yang terbaik adalah berusaha untuk tidak melakukan dosa, memperbanyak pahala serta malu ketika hendak melakukan perbuatan yang memalukan.

0 comments:

Post a Comment